Friday 8 March 2019

Indonesia Sedang Mengembangkan Inovasi Teknologi

 Indonesia Sedang Mengembangkan Inovasi Teknologi


IndoBig.com - Perubahan fundamental yang mendasar tentang inovasi teknologi, yang terus terjadi di semua lini dan tak dapat dihindari. Pertanyaannya, apakah pemerintah telah memberikan ruang, stimulan, dan dorongan yang cukup bagi inovator digital untuk lebih berkembang

Dari sisi sumber daya manusia (SDM), pemerintahan Joko Widodo dalam empat tahun terakhir memberi perhatian serius dalam mendorong munculnya para inovator digital. Ruang inovasi diberikan lebar melalui adaptasi kebijakan pro-inovasi.

Indonesia Sedang Mengembangkan Inovasi Teknologi


Tidak hanya startup baru, perhatian juga diberikan pada puluhan startup yang sudah berkembang dan berpotensi menjadi unicorn. Jika satu unicorn saja, misalnya Gojek, dapat berkontribusi sebesar Rp 9,9 triliun per tahun terhadap perekonomian Indonesia, dapat dibayangkan begitu banyak manfaat jika Indonesia berhasil mencetak unicorn-unicorn baru.

Inovasi Teknologi Indonesia

Inovasi identik dengan kreativitas dan terkait itu, pembangunan iklim kreatif pun dilakukan secara masif dan intensif. Sejak 2015, Presiden Joko Widodo menandakan Indonesia masuknya pada era ekonomi kreatif, era dimana ide dan pengetahuan dari SDM menjadi faktor produksi yang utama. Terobosan pola pikir tersebut, diwujudkan melalui pembentukan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk membangun ekosistem kreatif dan memberdayakan pelaku ekonomi kreatif di Indonesia.

Dalam konteks industri 4.0, diskursus infrastruktur seharusnya sudah tidak jadi persoalan. Nah, terkait itu, dalam empat tahun terakhir, pemerintahan Jokowi memastikan inklusi internet untuk masyarakat Indonesia hingga ke pelosok melalui pembangunan Palapa Ring. Lebih dari 12 ribu km kabel serat optik terbentang dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia agar masyarakat dapat menikmati internet cepat.

Upaya pemerintah dalam menyiapkan surga bagi para inovator digital patut didukung. Ke depannya, jangan sampai Indonesia salah arah akibat jatuhnya tampuk kepemimpinan pada yang tidak paham peran inovasi teknologi digital bagi kemajuan ekonomi nasional.


Like And Share Ya Kalo Suka ^^
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Support