Tuesday 12 March 2019

Apakah Indonesia Akan Menyusul China Untuk Kandangkan Boeing 737 ?

Boeing 737 Max


IndoBig.com - Pemerintah China memberikan instruksi kepada seluruh maskapai-maskapai penerbangan China yang menggunakan pesawat Boeing 737 Max 8. Atas insiden yang menimpa pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh.

Pada Oktober tahun lalu pesawat dengan jenis yang sama juga jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Apakah pemerintah Indonesia juga akan mengambil tindakan yang sama seperti pemerintah China ?

Di Indonesia, ada dia maskapai penerbangan yang menggunakan pesawat jenis ini, yaitu Lion Air dan Garuda Indonesia. Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Ditjen Perhubungan Udara, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Avirianto berkata jika pihaknya perlu membahas masalah ini lebih lanjut mengenai kasus tersebut.

Apakah Indonesia Akan Menyusul China Untuk Kandangkan Boeing 737 ?


"Jika sekarang saya ambil keputusan, dan misalnya saya memberhentikan pengoperasian Boeing 737 Max 8, mau sampai kapan ? Masalah ini kan harus dibicarakan lebih dahulu secara teknis dan mendalam," ujarnya.

Ethiopian Airlines

Dia menjelaskan, hari ini akan menggelar rapat dengan Dirjen Perhubungan Udara serta melibatkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Rapat tersebut untuk menentukan langkah apa yang harus diambil Indonesia. Nanti keputusannya akan disampaikan langsung oleh Dirjen Perhubungan Udara.

"Nanti saya rapat dengan bu dirjen, nanti kita putusan mau seperti apa ke depan, karena kan kita lihat semuanya," sebutnya.

Pihaknya tak mau terburu-buru mengambil keputusan terhadap Boeing 737 MAX yang dioperasikan di Indonesia.

"Makanya ini rapat dulu saya sama bu dirjen, sama KNKT, baru kita ambil keputusan. Kita kan nggak boleh terburu-buru. Jadi kita benar benar yang harus matang dan memberikan jaminan keselamatan," tambahnya

Seperti yang kita ketahui, jika Otoritas Aviasi China sudah memerintahkan maskapai-maskapai China yang menggunakan pesawat jenis Boeing 737 Max untuk mengkandangkan pesawat mereka.

Ini semua terkait dengan insiden pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh pada 10/3/2019 lalu. CAAC menyatakan akan segera menyampaikan penyataan resmi mengenai Boeing 737 Max di laman webnya. China sendiri menggunakan tipe pesawat Boeing 737 Max sebanyak lebih dari 90 buah.

salah satu maskapai China yang mengoperasikan 737 MAX menyatakan kepada Reuters, bahwa maskapai tersebut telah menghentikan operasional pesawat itu setelah mendapat pemberitahuan pada Senin pagi waktu setempat.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Support