Saturday 16 March 2019

Kemnaker Akan Merealisasikan Pendirian 1.000 BLK



Kemnaker Hanif Dhakiri

IndoBig.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah resmi melakukan peresmian Perjanjian Kerja Sama dengan Lembaga Penerima Bantuan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahap I Tahun 2019. Hal itu merupakan bentuk implementasi dari kebijakan Presiden Joko Widodo dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM).

BLK Komunitas sendiri ialah unit pelatihan kerja yang bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan teknis berproduksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja bagi komunitas masyarakat sebagai bekal untuk mencari kerja atau swasta.

Kemnaker Akan Merealisasikan Pendirian 1.000 BLK

Program BLK ini merupakan salah satu program Kemnaker sejak tahun 2017 lalu. Dari tahun 2017 Kemnaker sudah membangun komunitas BLK sebanyak 50 lembaga dan bertambah pada tahun 2018 menjadi 75 lembaga BLK di seluruh indonesia.

Kemnaker Membuka Bursa Kerja

“Diharapkan dengan program ini dapat meningkatkan akses pelatihan dan peran serta masyarakat dalam meningkatkan kualitas SDM di pondok pesantren, seminari, dhammsekha, dan pasaran di seluruh Indonesia," tutur Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.

Jenis bantuan yang diberikan oleh Kemnaker sendiri pun berbeda-beda sesuai dengan program yang peserta ambil. Misalnya untuk para peserta Instruktur dan Operasional Kelembagaan dibangun sebuah gedung Workshop.

Untuk Kejuruannya sendiri Kemnaker memberikan banyak pilihan diantaranya adalah teknik otomotif, teknik las, pengolahan hasil perikanan, pengolahan hasil pertanian, woodworking, teknologi informasi dan komunikasi, menjahit, refrigeration dan teknik listrik, Bahasa, serta industri kreatif.

Kementrian Ketenagakerjaan mengungkapkan jika dia akan merealisasikan pendirian 1.000 BLK Komunitas yang sekarang ini sudah bekerjasama dengan 500 lembaga yang telah terverifikasi. Rencananya tahan kedua akan dilakukan pada bulan ini.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Support