Monday 24 June 2019

Wakil Gubernur Reserve Bank of India (RBI) Sentral India Mengundurkan Diri

Wakil Gubernur Reserve Bank of India (RBI) Sentral India Mengundurkan Diri
Wakil Gubernur Reserve Bank of India (RBI), bank sentral India, Viral Acharya mengundurkan diri dari jabatannya. Dia juga menjadi pejabat tinggi peringkat kedua yang mengundurkan diri dari organisasi pemerintah dalam waktu kurang dari setahun.

Acharya pensiun kurang dari enam bulan dalam masa jabatannya. Seperti dilansir AFP, Senin (24/6), Acharya dikabarkan pensiun karena perbedaan pemahaman dengan Pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi.

Wakil Gubernur Reserve Bank of India (RBI) Sentral India Mengundurkan Diri


Juru Bicara RBI memanggil Acharya kembali karena alasan pribadi. "Dia mengirim surat kepada RBI yang memberitahukan kepadanya bahwa untuk alasan pribadi yang tidak dapat dihindari, dia tidak dapat melanjutkan masa jabatannya sebagai Wakil Gubernur," jelas RBI.

Acharya sebelumnya secara terbuka menuduh bahwa pemerintah telah merusak independensi bank sentral India.

Pernyataan Acharya adalah setelah pengunduran diri Gubernur RBI Urjit Patel karena perselisihan kepemimpinan bank sentral dengan Narendra Modi terkait dengan campur tangan pemerintah.

Setelah Patel mundur, Modi memilih sekutu dekatnya Shaktikanta Das untuk duduk di kursi Gubernur RBI.

Kemunduran Acharya sendiri diprediksi oleh banyak pengamat.

"Pengunduran diri Acharya sangat disayangkan, tetapi tidak mengejutkan karena dia berselisih dengan pemerintah mengenai masalah kemerdekaan," kata Ekonom Ashutosh Datar.

"Belum pernah dua pejabat senior bank sentral berhenti sebelum masa jabatan mereka berakhir," tambah Datar.

Media lokal melaporkan bahwa Acharya kemungkinan akan kembali ke keluarganya di Amerika Serikat (AS) dan bergabung dengan Sekolah Bisnis Universitas New York di bulan Agustus.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Support